Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita UtamaJakartaTerbaru

Bertemu Nelayan Sorong, Anies: Perlu Perbaikan Tata Niaga Untuk Harga Ikan Lebih Baik

56
×

Bertemu Nelayan Sorong, Anies: Perlu Perbaikan Tata Niaga Untuk Harga Ikan Lebih Baik

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

SORONG, RELASI PUBLIK – Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menggelar safari politik kampanye Pilpres 2024 di Kota Sorong, Papua Barat Daya, Selasa (16/1/2024).

Anies bertemu dengan para nelayan dan pedagang di Pelabuhan Penangkapan Ikan (PPI) Jembatan Puri. Dalam pertemuan itu, Anies pun mendengar keluhan para nelayan dan pedagang.

“Di PPI Jembatan Puri kami bertemu dengan pedagang, perikanan dan nelayan dan ketika berdiskusi dengan mereka mendengar apa yang menjadi harapan mereka”, ujar Anies.

Anies mengatakan, terdapat beberapa harapan dari para nelayan dan pedagang di daerah tersebut .

Harapan pertama, kata dia, adalah memberikan atap untuk pasar yang lebih luas. Kemudian, kemudahan solar bagi nelayan yang akan melaut.

“Tanpa atap jika cuaca panas bagi mereka sangat merepotkan dan untuk ikan jadi tidak baik,”ucapnya.

Anies pun berjanji akan mengadakan solar di tempat-tampat yang menjadi sentra kegiatan nelayan perikanan.

“Program kami terkait perubahan adalah mengadakan solar disentra kegiatan nelayan perikanan, pasokannya harus ada kepastian sehingga mereka bisa melaut sesuai kebutuhan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Anies menyebut perlu memperbaiki tata niaga ikan di Sorong dan Papua untuk harga ikan yang lebih stabil.

Dalam kesempatan itu juga, ia juga berkomitmen mendorong promosi ikan sebagai pasokan nutrisi yang baik untuk keluarga.

Maka dari itu Anies berencana akan menambah pasar ikan di daerah-daerah yang bukan di Pesisir sehingga seluruh wilayah mendapatkan ikan dengan mudah dan harga yang baik.

Dalam kesempatan itu Anies juga menyinggung tentang Sorong yang masuk kedalam 40 kota yang akan di upgrade. Tujuan upgrading kota ini, kata Anies, agar Sorong dapat menjadi penggerak perekonomian di Papua Barat Daya.

“Dengan adanya upgrade ini salah satunya adalah upgrade pasar-pasar supaya pasar-pasar ini bisa menampung hasil tangkapan nelayan.

Kalau hasil tangkapan ikan itu bisa ditampung lalu disiapkan coldstorage yang baik maka ikan-ikan ini dapat bertahan lebih lama dan harganya juga akan stabil,” tuturnya.

Anies juga menyebut akan meneruskan program-program yang baik berkelanjutan dari pemimpin sebelumnya.

“Setiap masa kepemimpinan ada hal baru yang dibawa, dan itu juga semua yang baik akan kita teruskan”, ucap Anies.

Senada dengan itu, Dewan Pakar PKS Ahman Nurdin menyebut Kawasan Sorong, Papua Barat, memiliki potensi besar dalam industri pengolahan dan budidaya ikan.

Bahkan, kata dia, permintaan olahan ikan dari Sorong pun sangat besar. Namun sayang, besarnya potensi tersebut belum bisa dipenuhi secara serius.

Maka dari itu Ahman mendukung penuh kebijakan-kebijakan yang akan dilakukan Anies Baswedan untuk mengatasi permasalahan para nelayan di Sorong jika terpilih Presiden pada Pilpres mendatang.

“Ini harus kita tempuh dan kita kejar untuk menghadapi tantangan memanfaatkan potensi ikan yang ada di perairan Papua,” ucap Ahman Nurdin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *