Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita UtamaJakartaTerbaru

BPBD DKI Jakarta Imbau Warga Waspadai Gelombang Tinggi di Laut Jawa

24
×

BPBD DKI Jakarta Imbau Warga Waspadai Gelombang Tinggi di Laut Jawa

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

JAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau warga untuk waspada akan potensi gelombang tinggi di perairan Laut Jawa. Ketinggian gelombang diperkirakan mencapai dua meter dan dapat menghambat aktivitas pelayaran.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, gelombang laut kategori sedang dengan ketinggian 1,25 sampai 2,5 meter berpeluang terjadi di Laut Jawa bagian barat. Untuk itu, kata dia, warga diimbau untuk waspada.

Ia menjelaskan, pola angin di perairan Belitung, Selat Gelasa, dan Karimata bertiup dari arah tenggara hingga selatan berkecepatan 4 hingga 20 knot.

“Sementara angin di perairan Utara Banten hingga Jawa Barat, Teluk Jakarta, dan Laut Jawa bagian barat pada umumnya bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan 4 hingga 20 knot,” jelasnya pada Rabu (12/7).

Prakiraan cuaca pelabuhan tersebut, lanjut Isnawa, juga memuat informasi prakiraan gelombang harian berisi prakiraan cuaca, angin, gelombang laut, suhu, kelembaban udara, hingga pasang-surut.

“Secara umum, prakiraan cuaca berawan melanda kawasan pelabuhan dan perairan Jakarta. Jarak pandang (visibilitas) di pelabuhan maksimal delapan kilometer, suhu udara berkisar 27 sampai 30 derajat celsius dan kelembaban udara berkisar 75 sampai 85 persen.

“Adapun saat kondisi pasang pada Selasa (11/7) pukul 20.00 WIB, ketinggian air laut mencapai satu meter dan saat kondisi surut pada Rabu (12/7), ketinggian air laut mencapai 0,3 meter,” pungkasnya. (AZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *