Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Terbaru

Cegah Abrasi Untuk Ciptakan Alternatif Wisata Baru, Sinergi Foundation Tanam Cemara di Pesisir Pantai Bomo

35
×

Cegah Abrasi Untuk Ciptakan Alternatif Wisata Baru, Sinergi Foundation Tanam Cemara di Pesisir Pantai Bomo

Sebarkan artikel ini
Sinergi Foundation gelar Aksi Penanaman Pohon Cemara di sekitar pesisir Pantai Ria Bomo, Desa Bomo, Kec. Blimbingsari, Kab. Banyuwangi, Minggu (6/3/2021). Kredit Foto: humas sinergi foundation)
banner 325x300

RELASIPUBLIK.COM (BANYUWANGI)-Sebanyak 200 orang warga melakukan Aksi Penanaman Pohon Cemara di sekitar pesisir Pantai Ria Bomo, Desa Bomo, Kec. Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (6/3/2021). Adapun, peserta kegiatan lingkungan hidup ini terdiri dari Muspika Kecamatan Blimbingsari, Kepala Desa Bomo, Kepala Dinas Perikanan Banyuwangi beserta jajarannya. Selain itu, para pelajar tingkat SD hingga SMA se-kecamatan Blimbingsari, dan Mahasiswa dari beberapa universitas di Banyuwangi.

Kepada wartawan, Yuyu Wahyudin, pendamping program Sinergi Foundation mengatakan, bahwa aksi penanaman pohon ini adalah wujud realisasi dan keberlanjutan dari program Green Kurban di tahun 2021 lalu,” katanya dalam siaran pers diterima redaksi relasipublik.com di Jakarta,hari ini.

” Green Kurban adalah program inovasi kurban dari lembaga filantropi Sinergi Foundation, dimana dari satu hewan yang dikurbankan turut pula ditanam satu pohon sebagai ikhtiar penghijauan bumi,” jelas Yuyu.

Selamatkan lingkungan, Lembaga Sinergi Foundation gelar Aksi Penanaman Pohon Cemara di sekitar pesisir Pantai Ria Bomo, Desa Bomo, Kec. Blimbingsari, Kab. Banyuwangi, Minggu (6/3/2021). Kredit Foto: humas sinergi foundation.

Lanjutnya, bahwa kegiatan kali ini ada sebanyak 600 bibit pohon cemara disemai di titik penanaman. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 20.000 pohon yang ditanam sejak pertama bergulirnya program Green Kurban di tahun 2013. Adapun jenis pohon yang ditanam, diantaranya Pohon Bambu, Pohon Jabon, dan Pohon Cemara.

“Jadi, tujuan daripada penanaman pohon merupakan salah satu dari program Green Kurban yang menyasar titik-titik yang rawan bencana alam, seperti banjir, longsor, dan bencana lainnya,” urainya.

Adapun kata dia, bahwa Lokasi penanaman di Pesisir Pantai Bomo dipilih sebab masuk ke dalam lahan yang rawan abrasi (pengikisan tanah). Setiap tahunnya abrasi yang terjadi di tempat ini bisa mencapai 4 meter, sehingga penanaman pohon terus dilakukan.

Selain itu, kawasan ini juga merupakan salah satu kawasan zona konservasi Pohon Cemara. Ini juga merupakan tindak lanjut dari peresmian desa wisata yang beberapa waktu lalu diresmikan oleh Sinergi Foundation bersama YBM PLN dan pokmaswas setempat.

“Harapannya dengan penanaman Pohon Cemara ini tidak hanya sebagai mitigasi bencana abrasi, tapi juga kedepan Pantai Ria Bomo bisa menjadi salah satu destinasi wisata Hutan Cemara di Banyuwangi. Insya Allah bisa turut mengangkat perekonomian masyarakat Bomo khususnya”, ujar Yuyu Wahyudin.

Untuk diketahui, bahwa Desa Bomo merupakan salah satu desa binaan yang diberdayakan oleh Sinergi Foundation bersama dengan YBM PLN sejak 2 tahun silam.

“Jadi, wujud pemberdayaan itu antara lain dengan mendirikan Fish Bank yang dapat memudahkan nelayan menangkap ikan. Selain itu membantu mengembangkan kawasan penangkaran kepiting, hingga mendirikan Balai Edukasi Konservasi Laut,” terangnya melalui humas Sinergi Foundation, M.Adlan Sayuti, **

Editor : Domi Lewuk. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *