Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politk

Refleksi Akhir Tahun 2021 Partai Indonesia Terang

80
×

Refleksi Akhir Tahun 2021 Partai Indonesia Terang

Sebarkan artikel ini
Presiden Partai INdonesia Terang,Dr (Cn) Hj.Rizayati,SH.,MM (Istimewa)
banner 325x300

JAKARTA,RELASIPUBLIK.COM-Tahun 2021 telah berlalu. Ia telah pergi menyisahkan sejuta kenangan, pahit,manis,sepat,asam, bahkan rasa yang lainnya. Semua itu telah menjadi kenangan yang menguatkan kita untuk membuka lembaran baru dalam 365 halaman buku yang harus diisi atau ditulis selama dua belas bulan di tahun 2022.

Memasuki tahun baru 2022, Keluarga Besar Partai Indonesia Terang (PINTER) Mengucapkan “Selamat Tahun Baru 2022” kepada masyarakat di seluruh pelosok Nusantara.

Ucapan itu disampaikan oleh Presiden Partai Indonesia Terang (PINTER) Dr (Cn) Hj.Rizayati,SH.,MM kepada awak media di Jakarta Sabtu 1 Januari 2022.

Dikatakan, bahwa tahun 2021 merupakan momen yang membawa kita terus berdiri tegak, kokoh,menatap masa depannya dengan penuh optimis,bahwa NKRI mampu melewati momen-momen kritis terutama saat Pandemi COVID-19 melanda dunia.

“Di sinilah kita diuji dan ternyata pemerintah Indonesia dibawah Pimpinan Presiden H.Ir.Joko Widodo dan Wapres KH.Ma’ruf Amin beserta para menteri, Kepala Daerah, serta masyarakat (stakeholder)mampu bangkit, berdiri tegak dan terus berupaya melewati krisis kesehatan yang berdampak pada ekonomi umumnya.”

“Indonesia harus tetap Tangguh, Indonesia harus tetap Tumbuh. Pohon bangsa ini harus terus dirawat,disiram agar seluruh komponen dalam tubuhnya kembali menghidupkan tunas-tunas semangat untuk menghasilkan buah dan bibit-bibit yang lembih unggul demi kesehatan, kesejahteraan dan kebahagiaan bersama sebagai keluarga besar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Rizayati menjabarkan makna tema HUT ke-76 RI tahun 2021 yang lalu sebagai pemacu semangat tahun 2022.

Dikatakan, menjadi Tangguh dan Tumbuh,mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terus menumbuhkan optimismenya guna meraih tiket kesejahteraan yang sesungguhnya.

Selain itu, Presiden Partai Indonesia Terang (PINTER) Hj.Rizayati juga menyampaikan terima kasih kepada segenap pengurus partai politik yang dideklarasikannya 1 September 2020 lalu itu.

Ia menjelaskan, Partai Indonesia Terang (PINTER) lahir dari sebuah keprihatinan masyarakat akan kondisi masyarakat dan bangsa saat ini dan kedepannya. Inspirasi berdirinya Partai ini setelah dirinya berkeliling Indonesia dalam rangka pemasangan lampu penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) yang telah dilakoni beberapa tahun terakhir ini.

Partai Politik yang mengusung slogan “Terang Pangan,Terang Sandang dan Terang Papan” ini memiliki tujuan untuk ikut serta mewujudkan Kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan pembukaan dan batang tubuh UUD 1945 dengan berlandaskan Pancasila.

Adapun, tujuan utama didirikan partai politik atas dorongan masayaralkat akar rumput ini adalah untuk ikut serta dalam Pesta Demokrasi yang dalam waktu beberapa tahun kedepan akan menghelat pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang.

Kehadiran Partai Indonesia Terang (PINTER) atas dorongan masyarakat akar rumput,agar kami membangun sebuah partai politik baru yang dapat berkontribusi lebih untuk masyarakat dan bangsa melalui politik kebijakan.
“Sebab, karay-karya Indonesia Terang tak hanya sampai pada proyek Peneranganj Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) dan bantuan perumahan untuk warga miskin dan kurang mampu tapi lebih luas lagi,” tegasnya.

Harapanya, Partai ini bisa membawa perubahan besar sistem politik dan demokrasi di Indonesia yang berakibat bagi kehidupan masyarakat yang lebih baik, lebih maju, lebih makmur dan lebih beradab.

Kepada seluruh kadernya, Hj.Rizayati berpesan agar lebih “fokus membesarkan partai Indonesia Terang agar bisa ikut dalam pemilu mendatang.

“Semua kader Partai Indonesia Terang harus mengutamakan politik yang ‘Bersih,Jujur, dan Bermartabat’ dalam memperjuangkan kebijakan-kebijakan berkeadilan untuk kepentingan umum sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 dan nilai-nilai Pancasila,” imbuh Hj.Rizayati yang juga seorang tokoh aktivis yang sangat konsen dengan kegiatan sosial kemanusiaan di republik ini.

Dr.Gempar Soekarnoputra,SH.MH,Ketua Dewan Pembina Partai Indonesia Terang

Pancasila Sumber dari Segala Sumber Hukum

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina DPP Partai Indonesia Terang, Dr. Gempar Soekarnoputra, SH.MH menyebut sifat kegotong royong sebagai nilai-nilai yang melekat dari Pancasila sebagai jiwa bangsa dan negara NKRI.
Gempar menegaskan,bahwa kunci keberhasilan Bangsa Indonesia saat menghadapi pandemi COVID-19 selama ini adalah berkat kerja sama antara Pemerintah dan Rakyatnya dengan didukung semangat dan nilai-nilai luhur PANCASILA sebagai ideologi dan way of life dari Bangsa Indonesia.

“Nilai-nilai kegotong-royongan/kekeluargaan itulah menjadikan Bangsa Indonesia semakin bersatu dan bersama-sama menghadapi pandemi COVID-19 agar secepatnya pandemi tersebut berakhir. Ini termasuk menangani bersama secara gotong-royong di bidang ekonomi sehingga ekonomi Indonesia tidak collaps,”kata putra proklamator dalam catatan refleksi akhir tahun 2021, saat dihubungi kabardaerah.com,Minggu (2/1/2022).

Gempar Soekarnoputra berpendapat, bahwa PANCASILA adalah KUNCI UTAMA dari menjawab semua permasalahan Bangsa Indonesia apapun permasalahannya. Sebab Pancasila itu dasar-dasar dan prinsip berbangsa dan bernegara di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini.

“Tentu tidak main-main seorang Ayahanda Bung Karno sebagai Proklamator Bangsa Indonesia dan Pendiri NKRI ini menggali dan menemukan serta meramu Pancasila itu,” tegasnya mengingatkan.

Ia menambahkan,PANCASILA itu merupakan “Sumber dari segala sumber hukum.” Oleh sebab itu Undang-Undang apapun tentu tidak boleh bertentangan dengan PANCASILA dan aspek resiko hukum. Karena jika suatu Undang-Undang itu bertentangan dengan PANCASILA tentu batal demi hukum. Mahkamah Konstitusi adalah penjaga dan benteng untuk menjaga Pancasila, selain tentu seluruh Rakyat Indonesia. Makanya MK dihadirkan di dalam berbangsa dan bernegara sesuai UUD 1945 untuk mengawasi suatu pembuatan UU oleh Presiden RI bersama DPR supaya UU tersebut tidak bertentangan dengan UUD RI 1945,” jelasnyanya lagi.

Politisi Partai Indonesia Terang (PINTER) dengan slogan “Terang Pangan,Terang Sandang,Terang Papan” ini pun menjelaskan, bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai benteng Pancasila dan NKRI tentu berdasarkan kewenangannya yang diberikan oleh Konstitusi UUD RI 1945 khususnya Pasal 24 C ayat (1) dan (2).
Bahwa MK berwenang menguji UU terhadap UUD RI 1945 dan memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD 1945 dan seterusnya.

“Jadi, kalau ada suatu Undang-Undang yang dibuat oleh Presiden RI bersama-sama dengan DPR dinilai bertentangan dengan UUD RI 1945 termasuk Pancasila, maka pasti MK akan memutuskan untuk menyatakan UU tersebut batal demi hukum, sebab bertentangan dengan Konstitusi UUD RI 1945. Karena, nilai-nilai luhur ke 5 Sila dari Pancasila itu ada tercantum pada Pembukaan (Preambule) UUD RI 1945 tersebut,” urainya.

“Sebab kalau Bangsa Indonesia meninggalkan Pancasila maka hanya berhitung hari NKRI pasti akan bubar. Sama nasibnya dengan Negara Uni Soviet dulu,” ujarnya mengilustrasi.

Bangun Optimisme dan Fokus

Sekretaris Jenderal (Sekjen) baru DPP Partai Indonesia Terang (PINTER), H.Mabruri, yang baru saja menerima mandat langsung dari Ketua Umum atau Presden DPP Partai Indonesia Terang, kembali mengingatkan pesan-pesan Presiden Partai PINTER.

H.Mabruri, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Indonesia Terang (Foto:Dok/Ist)

Pesan-pesan Ibu Presiden Parta PINTER bukan baru sekarang disampaikan, melainkan beliau hanya mengingatkan kembali kepada para kader dan pengurus-pengurusnya di daerah : untuk tetap fokus membesarkan Partai Indonesia Terang dan menjadi politisi yang jujur,bersih dan bermartabat. Penegasan itu supaya teman-teman di daerah benar-benar mempersiapkan segala apa yang menjadi persyaratan pendaftaran partai politik calon peserta pemilu di 2024.

“Kita berharap dengan sisa waktu yang ada, Partai PINTER setelah ada penyegaran benar-benar fokus memenuhi syarat-syarat administratif umumnya partai politik peserta pemilu,” kata H.Mabruri kepada media ini, Sabtu (1/1/2022).

Dijelaskan, penggagasan program “Indonesia Terang” sebuah program pemasangan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) yang telah menghibahkan puluhan ribu unit PJU-TS di seluruh pelosok tanah air itu tetap optimis perjuangkan Partai PINTERT ikut dalam kontestasi pemilu 2024 mendatang.

“Iya, sebagai sebuah partai politik tentu banyak suka dan duka dalam perjalanan menuju demokrasi. Tentu saja banyak berbagai pandangan, presepsi, perbedaan presepsi itu untuk saling menguatkn,menyempurnakan agar apa yang diperjuangkan oleh partai PINTER nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat sebagaimana tujuan hadirnya sebuah organisasi politik yang ingin memperjuangkan kesejahteraan masyrakat pada umumnya,” urai putera Banten ini,optimis.

Partai Indonesia Terang (PINTER) menghimbau, semua pihak mulai dari pengurus,kader dan simpatisan ikut ambil bagian di dalam membesarkan partai sehingga bisa mengikuti pemilu 2024.

“Pada saat berdiri, Partai Indonesia Terang tentu saja kita harus siapkan kepengurusan yang solid dan benar benar siap untuk dapat mengikuti Pemilu 2024.”

Dengan adanya visi,misi serta tujuannya yang telah dijalankan melalui program yang ada bahkan jauh sebelumnya sudah dilakukan kepada mitra-mitranya dalam program Indonesia Terang.

“Nah program-program itulah yang sedang kita bangun. Adapun program tersebut nyata yang dilakukan oleh Partai Indonesia Terang,” imbuhnya.

“Harapannya adalah partai ini menjadi salah satu partai politik yang ikut memperjuangkan aspirasi dan kepentingan masyarakat Indonesia pada umumnya. Dengan demikian PINTER bisa ikut dalam proses pemilu 2024 mendatang,” ulasnya.

Evaluasi dan penyempurnaan terus dilakukan. Pekerjaan yang masih tertunda di tahun 2021, akan diteruskan di tahun 2022 sehingga nantinya partai ini bisa dapat mengikuti pemilu 2024 yang akan datang.

Harapan terbesarnya adalah bagaimna teman-teman fokus persiapkn diri menghadapi proses persiapan bagi partai Indonesia Terang di 2024 nanti. Hal tersebut sebagaimana disampaikan ketua umum atau Presiden Partai yakni Dr.(Cn) Hj.Rizayati,SH.MM.

Pesan moral

Apapun yang terjadi dengan republik ini. Kita harus tetap menatap masa depan termasuk politik Indonesia di 2022. Kita tak boleh pesimis walaupun langit akan runtuh. Tak boleh juga kita mengeluh walaupun kekuasaan tak memihak pada kita.

Intinya, kita adalah jiwa-jiwa yang mandiri. Jiwa-jiwa yang siap mengabdi untuk bangsa ini, tanpa dimintapun kita harus melakukannya. Menatap masa depan Indonesia dengan penuh optimisme adalah bagian dari jiwa-jiwa pemenang.

Mari, jadilah kita semua sebagai pemenang di tahun 2022 untuk melangkah ke tahun-tahun selanjutnya.
Kita semua harus optimis bahwa Indonesia akan menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.** 

Penulis : domi lewuk.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *