Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita Utama

Tokoh Masyarakat Adat Banggai Ini Optimis, Partai Indonesia Terang Bisa Lolos di Pemilu 2024,Ini Alasan

46
×

Tokoh Masyarakat Adat Banggai Ini Optimis, Partai Indonesia Terang Bisa Lolos di Pemilu 2024,Ini Alasan

Sebarkan artikel ini
Logo Partai Indonesia Terang (dok/Pinter)
banner 325x300

JAKARTA,RELASIPUBLIK.COM-Partai Indonesia Terang diprediksikan bisa lolos di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Bahruddin Mang,salah satu tokoh masyarakat adat di kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah memperediksikan, partai politik besutan Dr (Cn) Hj.Rizayati,penggagas program Indonesia Terang akan mampu bersaing dengan partai politik lainnya.

“Saya melihat, kehadiran Partai Indonesia Terang bukan hanya merupakan simbol ,atau sekedar nama daripada sebuah partai politik, tapi dia sudah menyanggupi apa yang selama ini diharapkan oleh masyarakat. Jadi, kita berharap, dengan adanya perbaikan ekonomi baik sandang,pangan,papa, maupun kebutuhan lainnya, terutama penerangan, sehingga dapat dirasakan langsung oleh mereka yang berada di pelosok-pelosok tanah air,” kata Burhanuddin Mang, Sabtu (3/4/2021).

Ia menceriterakan, di daerahnya, Sulawesi Tengah (Sulteng) sebagaian besar masyarakat yang belum menikmati listrik atau penerangan. Selain itu, masyarakat juga masih mengalami kegelapan di bidang kesejahteraan (ekonomi), hukum dan HAM.
Masyarakat sudah pada pintar bahkan trauma dengan janji-janji yang begitu muluk kepada masyarakat, saat pileg dan sosialisasi partai politik jelang pesta demokrasi.

“Artinya, bukan masyarakat tidak percaya lagi terhadap partai-partai politik, tapi yang terpenting dengan adanya partai Indonesia Terang ini, bisa menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat di Indonesia saat ini dan kedepan,” urai alumni APDN Makasar yang satu angakatan dengen Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo itu.

Selain itu kata Bahruddin, bahwa dengan hadirnya Partai Indonesia Terang itu, maka secara tidak langsung telah memberikan jawaban terhadap apa yang selama ini masyarakat impikan. Dan permintaan-permintaan yang soal terang menerang itu sangat mendesak akan kebutuhan-kebutuhan bagi masyarakat kalangan bawah.

Bahruddin Mang, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Kabupaten Banggai

“Saya melihat,dengan adanya partai Indonesia Terang ini,sudah menjawab tantangan ekonomi dan kebutuhan masyarakat hari ini dan masa yang akan datang. Generasi kemarin sampai dengan generasi masyarakat yang akan datang. Kehadiran Partai Indonesia Terang ini yang memang sangat dirindukan oleh masyarakat di kalangan bawah,” urai tokoh masyarakat dan tokoh adat di kabupaten Banggai, Sulteng itu.

Dijelaskan, bahwa kehadiran Partai Indonesia Terang ini merupakan saingan berat bagi parpol-parpol yang ada saat ini. Terutama partai-partai politik besar yang selama ini menurunnya nilai-nilai kepercayaan terhadap masyarakat.

” Tidak usa jauh-jauh. Hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya kasus-kasus korupsi yang menyeret kader-kader partai tertentu. Saya tak ingin menyebut oknum partai politik tersebut,tapi masyarakat pastinya secara terang menderang melihat dengan mata kepalanya sendiri.”

Jadi, kepercayaan masyarakat terhadap partai-partai politik yang selama ini berkecimpung di dunia politik, sama sekali terlihat lebih menurun drstis.

“Maka, inilah saatnya Partai Indonesia Terang harus membuktikan, bahwa kehadirannya akan mampu mewujudkan dan merealisasikan harapan-harapan masyarakat. Terutama di kalangan yang masih dalam ruang gelap ekonomi,gelap sandang, gelap pangan,gelap hukum, gelap moralitas. Negara ini kaya raya akan sumber daya alam, tapi rakyatnya masih kere. Nah, sebagai rakyat kecil, kita sangat mendukung program-program berlian yang diusung oleh Presiden Partai Indonesia Terang, Dr (Cn) Hj.Rizayati dan teman-teman di Pusat,”Burhanuddin menaru harapan.

“Saya sangat yakin dan percaya, Partai Indonesia Terang (PINTER) ini akan eksis di pemilu tahun 2024 mendatang. Akan mendapat dukungan yang besar dari masyarakat. Sekali lagi, saya yakin dan percaya akan hal tersebut,” kata Mang, optimis.

Meski demikian, Bahruddin Mang juga mengingatkan, agar struktural partai harus benar-benar selektif.

“Jangan sampai lagi nila setitik air akan merusak susu sebelanga, yang akibat dari pada kader-kader partai yang hobinya suka menyeberang,suka berpinda-pindah partai politik. Dari partai-partai sebelumnya yang tidak punya nilai ‘kepercayaan’ oleh masyarakat lalu masuk kedalam struktur kepengurusan Partai Indonesia Terang. Nah, ini yang harus kita jaga,” imbuhnya.

Presiden Partai Indonesia Terang, Dr (Cn),Hj.Rizayati,SH.MM dan Para Pengurus PINTER saat Deklarasi 1 September 2020 (dok/Pinter)

Bahruddin juga berpesan, agar kedepan ini harus membutuhkan kader-kader partai yang harus betul-betul selektif.

“Partai Indonesia Terang ini harus benar-benar independen, dan memang tidak terpengaruh dan bukan kader-kader karbitan. Tim Bapilu pun harus lakukan seleksi lebih ketat bagi kader-kader yang akan maju di pileg untuk mengikuti kontestasi pemilu di tahun 2024 mendatang,” saran tokoh masyarakat adat di Kabupaten Banggai ini.

Dirinya sangat yakin, kalau Partai ini memang diisi oleh kader-kader yang kredible, militan dan terpercaya, tidak pernah menyakiti hati rakyat dengan janji-janji yang tidak pernah ditepati selama ini menjadi “momok” di masyarakat, maka yakilah, Partai Indonesia Terang akan memenangkan Pemilu di 2024.

“Salah satu kehebatan yang dimiliki oleh PINTER adalah bahwa ‘program-program partai ini memang sudah berjalan dan nyata dinikmati oleh masyarakat. Ini satu kemenangan untuk Partai Indonesia Terang. Itu keunggulan daripada Partai Indonesia Terang dibanding dengan partai politik lainnya.”

Kedua, soal faktor finansial. Ini sangat menentukan. Karena itu merupakan roda utama dalam mencapai sebuah kepentingan umum daripada tujuan Politik yakni untuk mensejahterakan kepentingan umum/banyak orang.

“Jadi, finansial itu sangat ditentukan oleh persiapan-persiapan dalam sosialisasi, persiapan pemilu 2024, persiapan kader-kader,dan lainnya untuk kemenangan Partai Indonesia Terang dalam pemilu akan datang,” tutup Bahruddin Mang.

Ia menambahkan, bahwa simbol atau sekedar jargon-jargon partai politik yang selama ini banyak disuarakannya disaat mendekati pemilu,hanya untuk menarik simpati masyarakat, tetapi semuanya hanya janji-janji belaka.

“Sikap demikian dengan sendirinya tingkat kepercayaan masyarakat pemilih kepada partai politik menurun dratis. Maka,dengan hadirnya partai Indonesia terang dengan program-program yang menyentuh langsung kehidupan masyarakat itulah yang diharapkan.Nah, saya yakin dan percaya Partai Indonesia terang akan mendapat dukungan dan simpati masyarakat sampai ke pelosok tanah air. Dengan demikian bisa menghantarkan partai Indonesia Terang sebagai pemenang PEMILU 2024 mendatang,” ujarnya,optimis.

“Saya secara pribadi belum pernah bertemu langsung dengan Ibu Presiden Partai Indonesia Terang, Hj.Rizayati. Namun, pantauan saya melalui media massa terkait aktivitasnya yang luar biasa. Program-program beliau langsung menyentuh masyarakat di daerah-daerah.Sebut saja pembangunan fasilitas umum lampu Penerang Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS),perumahan untuk masyarakat, serta program pemberdayaan ekonomi UMKM binaan Presiden Partai Indonesia Terang itu sangat luar biasa.

“Doa dan harapan kami masyarakat Sulawesi Tengah umumnya dan masyarakat di Kabupaten Banggai khususnya, semoga partai ini dapat membawa Indonesia keluar dari ‘kegelapan’ ekonomi kita. Memang partai-partai politik lainnya sudah berkontribusi,namun dengan hadirnya Partai besutan Hj.Rizayati ini, kita semakin terang dari segala bidang kehidupan,” Bahruddin Mang, berharap. ** (domi lewuk).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *