Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita UtamaJakartaTerbaru

Anies Janji Bangun Ekosistem Jurnalisme yang Sehat, Ahman Nurdin: Peran Pers Penting Bagi Demokrasi

51
×

Anies Janji Bangun Ekosistem Jurnalisme yang Sehat, Ahman Nurdin: Peran Pers Penting Bagi Demokrasi

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

JAKARTA – Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan berkomitmen akan mensejahterakan para jurnalis. Keinginan itu disampaikan Anies lantaran pekerja pada profesi ini di Indonesia masih kurang sejahtera ketimbang di negara lain.

Hal itu disampaikan Anies dalam konferensi pers pasca Kumpul Akbar AMIN di JIS, Sabtu (10/2/2024).

Anies menyebut, salah satu cara yang bakal ia lakukan untuk mensejahterakan jurnalis adalah dengan membangun ekosistem jurnalisme yang sehat. Ini berarti, di dalamnya terdapat semangat demokrasi sekaligus besaran pasar.

“Kita di pemerintahan harus membangun ekosistem jurnalisme yang sehat. Dalam artian, di situ ada unsur semangat demokrasi dan pasar. Negara pun harus bisa menghadirkan dukungan untuk itu,” papar Anies.

Menurut Anies, dukungan itu bisa dihadirkan dalam berbagai bentuk insentif pajak atau fasilitas-fasilitas publik lainnya.

Apapun itu, sambung Anies, dirinya siap berdialog dengan para pelaku di lapangan, yang tak lain adalah jurnalis itu sendiri.

“Ketika mendapat kewenangan, kami siap berdialog. Bukan hanya dengan PWI atau Dewan Pers, tapi juga pelaku-pelaku lain yang berada dalam ekosistem media di Indonesia,” tutupnya.

Sementara itu Dewan Pakar DPP PKS, Ahman Nurdin, menyambut baik komitmen Anies untuk kesejahteraan jurnalis.

Menurut Ahman, pers memiliki peran penting sebagai bagian dari pilar demokrasi. Peran jurnalis tidak bisa di kesampingkan begitu saja dalam menjaga kedaulatan rakyat sekaligus menjadi kontrol bagi pemerintah untuk tetap bekerja sesuai dengan koridornya dalam mensejahterakan rakyat.

“Tanpa adanya pers, rakyat tidak akan mengetahui informasi yang kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan melalui kerja-kerja jurnalistik,” ucapnya.

Untuk itu, bagi Ahmam peran pers tidak bisa di kesampingkan di tengah begitu suburnya informasi hoaks di era modern seperti saat ini. Jurnalis memiliki peran penting dalam menjaga demokrasi dan juga mencerdaskan masyarakat.

Ahman berharap pemerintah bisa menjaga kebebasan pers dalam menyalurkan informasi-informasi kredibel kepada masyarakat. Tidak ada lagi intervensi dan kekerasan terhadap kerja jurnalistik yang dilakukan oleh pers.

“Tanpa kebebasan, pers bukan apa-apa. Tanpa pers, masyarakat tidak tahu apa-apa,” tutur Ahman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *