Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politk

BEM SI Gelar Aksi Nasional , Empat Tuntutan untuk DPR dan 6 untuk Presiden Jokowi

52
×

BEM SI Gelar Aksi Nasional , Empat Tuntutan untuk DPR dan 6 untuk Presiden Jokowi

Sebarkan artikel ini
Petugas Pengaman Polisi Seang bersiap-siap Kawal aksi demo Mahasiswa di Kompleks DPR RI (Foto dok/Ist)
banner 325x300

JAKARTA,RELASIPUBLIK.COM-Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Badan Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) melakukan aksi demonstrasi kepada Dewan Perwakilan Rakyat dan Presiden Joko Widodo baik di Jakarta maupun di daerah lain di Indonesia, Senin (11/4/2022).

Dalam aksinya, para mahasiswa menyampaikan sejumlah poin tuntutan. Adapun terdapat 4 poin utama.

Berikut adalah 4 Isi Tuntutan BEM SI kepada DPR :

Pertama, Mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.

Kedua, Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret 2022 sampai 11 April 2022.

Ketiga, Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan 3 periode.

Keempat, Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan mahasiswa kepada presiden yang sampai saat ini belum terjawab.

Selain itu, para mahasiswa juga menyampaikan tuntutan kepada Presiden Joko Widodo.

Pertama, Mendesak dan menuntut Jokowi untuk bersikap tegas menolak dan memberikan pernyataan sikap terhadap penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode karena sangat jelas mengkhianati konstitusi negara.

Kedua, Menuntut dan mendesak Jokowi untuk menunda dan mengkaji ulang UU IKN termasuk dengan pasal-pasal yang bermasalah dan dampak yang ditimbulkan dari aspek lingkungan, hukum, sosial, ekologi, politik, ekonomi dan kebencanaan.

Ketiga, Mendesak dan menuntut Jokowi untuk menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok di masyarakat dan menyelesaikan permasalahan ketahanan pangan lainnya.

Keempat, Mendesak dan menuntut Jokowi untuk mengusut tuntas para mafia minyak goreng dan mengevaluasi kinerja menteri terkait.

Kelima, Mendesak dan menuntut Jokowi untuk menyelesaikan konflik agraria yang terjadi di Indonesia.
Keenam, Menuntut dan mendesak Jokowi-Maruf untuk berkomitmen penuh dalam menuntaskan janji-janji kampanye di sisa masa jabatannya.

Di Jakarta misalnya, Polisi mengamankan 14 remaja di kawasan Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2022).

Adapu, mereka mengaku sebagai mahasiswa dan hendak menonton unjuk rasa Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di depan Gedung DPR, Senayan.

Setela itu mereka dimintai keterangan oleh petugas dari Kepolisian Sektor (Polsek) Tanah Abang.

Polisi juga mengamankan sejumlah barang bawaan dan identitas para remaja itu juga diperiksa oleh petugas. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, mereka diketahui tidak berstatus sebagai mahasiswa.

Adapun titik-titik aksi demo mahasiswa hari ini yakni, di Jakarta terfokus di sejumlah titik diantaranya Gerbang Gedung DPR RI, Patung Tani,Pasar Rebo,pun Istana Negara. ** DL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *