Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita UtamaTerbaru

Prof Nila Kasuma Guru Besar Pertama di FKG Unand Dikukuhkan

41
×

Prof Nila Kasuma Guru Besar Pertama di FKG Unand Dikukuhkan

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

PADANG, RELASI PUBLIK — DR. Drg. Hj. Nila Kasuma, M. Biomed berhasil meraih jabatan fungsional tertinggi dengan gelar Profesor dalam lingkungan Universitas Andalan (Unand) pada pengukuhan Guru Besar di Convention Hall Unand, Selasa (22/8/2023).

Pengukuhan Profesor atau guru besar Nila Kusuma sekaligus hal yang pertama kali bagi dosen dilingkungan civitas akademika Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unand. Sejak FKG Unand didirikan, terhitung pada 3 Maret 2023 melalui SK Kemendikbuddikti No 14680/M/07/2023, Nila Kusuma telah ditetapkan sebagai guru besar atau profesor, yang pengukuhanya pada Selasa (22/8) bersamaan dengan lima guru besar lainya yang dikukuhkan adalah Prof. DR. Zainul Daulay. SH. Mhum, Prof. DR. Busyra Azheri SH. Mhum, Prof. DR. Zefrizal Zurdin. SH. Mhum dan Prof DR. Aria Zurnetty. SH. Mhum.

Pengukuhan enam guru besar Unand di Convention Hall Unand berlangsung hikmat. Prosesi pengukuhan oleh Rektor Unand Prof Yuliandri dan dihadiri civitas academika Unand dan undangan lainnya, selain itu tampak hadir mantan mantan Rektor mulai dari Prof. DR. Ir. Fachri Ahmad Msc, Prof. DR. Ir. Musliar Kasim, Prof. DR. Werry Darta Taifur. SE. MM, Prof. DR. Tafdil Husni. SE. MM, Ketua dan anggota Senat Unand, Senat Fakultas, Ketua dan Sekretaris Dewan Profesor, Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi RI Prof.DR. Saldi Isra. MH dan beberapa tokoh Ika Alumni Unand dan para orang tua serta keluarga guru besar yang dikukuhkan.

Pada kesempatan tersebut Prof, DR. Drg. Hj. Nila Kasuma, M. Biomed menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Tantangan Dan Potensi Di Bidang Biologi Oral” dihadapan Rapat Senat Terbuka Dewan Profesor Unand dan para Dekan yang tergabung dalam AFDOGI ( Asosisasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia), serta pengurus Wilayah PDGI Sumbar yang saat ini diketuai Drg. H. Busril MPH beserta pengurus PDGI Cabang Padang yg diketuai Drg. Harfindo Nasmal SP. BM

Menurut dia penelitian Biologi Oral yang berkelanjutan diperlukan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Apalagi, menyoal tantangan dan potensinya dimasa depan.

Prof Nila Kasuma, yang dilahirkan di Padang 20 Juli 1972, saat ini menjabat Dekan FKG Unand termasuk muda usia mencapai gelar profesor gelar tertinggi akademik di lingkungan perguruan tinggi.

Bagi kalangan dokter gigi di Sumatera Barat dengan telah adanya guru besar ini, paling tidak dapat dijadikan motivasi bagi dosen dosen muda untuk menambah ilmu dibidang keilmuan kedokteran gigi, seperti diungkapkan Drg. Cici Syaharman MMKES, mantan Ketua Pengwil PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) Sumatera Barat, disela sela pengukuhan pengukuhan Guru Besar Prof Nila Kasuma.

Drg. Cici Syaharman yang didampingi Drg. Azmir Kasim 2 dokter gigi yang telah dianggap senior di Sumbar ini menyebutkan bahwa diharapkan Prof. DR. Nila Kasuma yg satu satunya profesor Kedokteran gigi saat ini di Sumbar hendaknya dapat melakukan pembinaan kepada 2 FKG yang ada di Padang yaitu FKG UNBRAH yang tertua dan FKG Unand yang termuda. Turut hadir juga rekan sejawat Prof Nila Kasuma yakni Prof. DR. Drg. Maharani Lailiza Apriasari. Sp.PM. Dekan FKG univ. Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Agusmardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *