Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita UtamaTerbaru

Samai Ilmu Karateka Senior Jepang, Harried Taning Pacu Penguasaan Teknik Karate Dewan Guru PB Lemkari

143
×

Samai Ilmu Karateka Senior Jepang, Harried Taning Pacu Penguasaan Teknik Karate Dewan Guru PB Lemkari

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

CILEGON, RELASI PUBLIK — “Berbekal komitmen dan kesungguh-sunguhan serta fokus, reputasi Shuseki Sihan Harried Taning, Ketua Dewan Guru PB Lemkari telah sejajar dengan tokoh karate senior Jepang”. Itulah pernyataan Iwasaki Daiki, salah seorang karateka asal Jepang saat penutupan Latihan Pendalaman Teknik Dewan Guru PB Lemkari, yang menghadirkan Shuseki Harried Taning, Karateka DAN IX, yang diselenggarakan Pengprov Lemkari Banten, 2-3 September 2023 di Cilegon, Banten.

Acara yang berlangsung di Gedung Kominfo Kota Cilegon, selain dihadiri langsung Ketum Lemkari Pengprov Banten, Yul Andri, Muchlis (Ketua Harian), Medi Sarwoko (Ketua MSH), Sekum Lemkari Banten Aris Prawoto dan Kabid Perwasitan Imam Sukandar, juga hadir Ketua MSH Lemkari Jawa Barat Djemi Lalisang dan 17 Karateka Sabuk Hitam dari Jabar.

Pada kegiatan pendalaman teknik karate tersebut, turut hadir juga 4 orang Jepang yang sedang melaksanakan studi atau tugas belajar ke Indonesia. Mereka adalah Iwasaki Shinye, Iwasaki Daiki, Onodera dan Mujinazawa.

“Materi yg disampaikan oleh Shuseki Harried Taning, menyamai ilmu tokoh karate di Jepang” ujar Iwasaki Daiki di saat menerima piagam peserta pendalaman teknis usai latihan tersebut.

Tercatat, salah satu hal sederhana yang diberikan Shuseki Harried Taning, yakni soal pukulan. Bukan hanya sekadar memukul, Harried Taning mengombinasikannya dengan pernafasan. Hasilnya, bukan sekadar keras, tapi pukulan juga mempunyai kekuatan. Pernafasan dan gerakan badan menjadi hal yang ditekankan pria yang sudah pernah melatih ke luar negeri, Madagaskar itu.

Ditambahkan Iwasaki Shinye, DAN III, Grand Master atau Shuseki Sihan Harried Taning mengajarkan teknik dan filosofi ilmu beladiri kepada karateka sabuk hitam Perguruan Lemkari seluruh Indonesia.

Dalam menanggapi pernyataan empat orang Jepang tersebut, Shuseki Harried Taning mengatakan pengakuan yang nyata tersebut lebih diwujudkan dengan kerjasama PB Lemkari dengan JKA dimasa mendatang

“Semua ini berkat kerja keras, kerja sama, dan komitmen bersama, dipastikan PB Lemkari lebih baik” tegas Harried Taning, Ketua Dewan Guru PB Lemkari.

Sementara tentang karate-do itu sendiri, Shuseki Harriet Taning menjelaskan bahwa Karate-Do bukan tentang sport saja tapi juga tentang budo karate.

“Budo karate adalah jiwa dari karateka itu sendiri yang menyatu dengan fisik dan fikiran,” ujar Shuseki Sihan Harried Taning

Pada kesempatan itu Ketua Lemkari Banten, Yul Andri menyampaikan apresiasi kepada anggota dewan guru yang hadir yakni selain KDG, juga hadir Shihan Firdaus, Yuliantoz Jufri, Ari Marzuki dan Tono Tjhee serta Sekretaris Dewan Guru, Hansi Fery Suardi, SH. (Agusmardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *