Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita UtamaJakartaTerbaru

Tasyakuran Milad PERTI ke-96, Berbenah Bersatu Untuk Indonesia yang Lebih Maju

213
×

Tasyakuran Milad PERTI ke-96, Berbenah Bersatu Untuk Indonesia yang Lebih Maju

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

JAKARTA – Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) menggelar tasyakuran Milad ke-96 dengan mengusung tema “Berbenah Dan Bersatu Menuju Indonesia Maju, Menuju Satu Abad PERTI” di Hotel Balairung Jakarta, pada Minggu (5/5/2024).

Acara tasyakuran dihadiri oleh segenap unsur pembina, Majelis Mutasyar, Majelis Iftah, Majelis Fatwa dan Majelis Pertimbangan PERTI, Ulama Tarbiyah Islamiyah, Ketua Pengurus Pimpinan Daerah Tingkat PERTI seluruh Indonesia dan jajaran lainnya dari berbagai daerah.

Dalam sambutannya Pimpinan Pusat PERTI Drs. Syarfi Hutauruk, MM mengatakan tidak ada data valid terkait berapa jumlah anggota dan jumlah aset yang dimiliki oleh PERTI.

“Bapak Ruhuniyah sebagai pendiri PERTI merupakan ulama dengan segala ikhtiar dan kemampuan telah mewariskan nilai, sikap, keteladanan dan semangat perjuangan bagi bangsa dan negara,” kata Syarfi dalam sambutannya.

Syarfi juga mengatakan pilihan tema yang diangkat tidak terlepas dari kontribusi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

“Pilihan tema ini tidak lepas dari kesadaran Persatuan Tarbiyah untuk berkontribusi dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Visi tersebut hanya mungkin terwujud bila seluruh komponen bangsa berkomitmen untuk membangun sumber daya manusia yang mumpuni,” ucapnya.

Ada beberapa komitmen yang diserukan oleh PERTI ; Pertama, PERTI diminta untuk untuk meningkatkan spirit dan hakikat khittah 1928. Kedua, PERTI diminta meningkatkan kerjasama dengan lembaga pendidikan. Ketiga, PERTI mengkonsolidasi organisasi terhadap organisasi pendukung demi kemajuan bangsa. Keempat, PERTI diminta lebih efektif melakukan pembinaan komunikasi baik dengan pemerintah, Ormas Islam, MUI dan Ormas kemasyarakatan lainnya.

Senada dengan itu Sekjen PP PERTI Zulhendri Chaniago mengatakan, sebagai ormas yang bergerak di bidang pendidikan, dakwah dan sosial, PERTI ikut bertanggung jawab dalam melahirkan SDM yang mumpuni di bidangnya, khususnya dalam bidang keagamaan Islam.

“Melalui madrasah dan pesantren di bawah bendera PERTI, organisasi ini menyatakan akan terus berkontribusi untuk kemajuan peradaban bangsa Indonesia. Dengan telah bersatunya seluruh elemen, PERTI optimistis akan memberikan kontribusi lebih dalam mendukung pencapaian visi Indonesia emas 2045,” ucapnya.

Sementara itu, Wasekjen PP PERTI Buya Ahman Nurdin berharap momentum milad ini dapat meneguhkan tujuan PERTI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Semoga melalui momentum peringatan milad nanti akan meneguhkan PERTI sebagai salah satu organisasi keagamaan Islam dalam menjaga persatuan menuju Indonesia emas,” kata Ahman.

Menurut Ahman salah satu hal yang perlu menjadi fokus untuk berbenah adalah dalam bidang pendidikan agar dihasilkan SDM Indonesia yang unggul.

“Maka itu, mari kita kelola madrasah tarbiyah Islamiyah secara profesional, akuntabel, dan berkelanjutan. Kita mengharapkan selalu menghasilkan lulusan yang ulama cendekiawan. Begitu pula sebaliknya cendekiawan yang ulama. Diharapkan para ulama dari Perti menyampaikan dakwah yang sejuk, mendidik dan menyenangkan,” ucapnya.

Ahman juga mengatakan Persatuan Tarbiyah Islamiyah melalui pendirinya Syekh Sulaiman Ar Rasuly telah memberikan kontribusinya kepada bangsa dan negara. Ahman mengapresiasi peran PERTI untuk langkah-langkah besar ke depan dalam usianya menjelang 100 tahun.

Diketahui sebelumnya, peringatan Milad ke-96 perti dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 4 Mei 2024 yang diisi dengan kegiatan ziarah ke makam pemimpin PERTI terdahulu di TMP Kali bata dan Tanah Kusir. Puncak peringatan milad dilaksanakan pada 5 Mei 2024 diisi dengan acaya tasyakuran bersama anak yatim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *