Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Pariwara

Forum Lembata Memanggil (FLM) Kirim Sarana Kesehatan dan Tim Dokter ke Lembata

55
×

Forum Lembata Memanggil (FLM) Kirim Sarana Kesehatan dan Tim Dokter ke Lembata

Sebarkan artikel ini
Tampak dalam Foto Ketua Umum FLM, Bernard Tifaona dan Mikael Kleden bersama Pengurus Asosiasi Pilot Garuda (APG), /foto: dok/Istimewa)
banner 325x300

JAKARTA,RELASIPUBLIK.COM-Forum Lembata Memanggil (FLM), bekerjasama dengan Asosiasi Pilot Garuda (APG), mengirim bantuan kemanusiaan ke Lembata, NTT, Rabu, 16/11/2020. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindakan tanggap darurat atas bencana meletusnya Gunung Lewotolok di Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), 29/11/2020, lalu. Sebelumnya, FLM juga sudah mengirim 40 bal paket bantuan kemanusiaan dari Jakarta untuk meringankan masyarakat yang terimpah bencana di Lembata.

Ketua Umum FLM, Bernard Tifaona, menjelaskan pada pengiriman kali ini, FLM membangun mitra dengan Asosiasi Pilot Garuda (APG). Melihat kebutuhan masyarakat di lokasi bencana, maka FLM memprioritaskan pengiriman Tim Dokter, obat-obatan dan alat Kesehatan.

“FLM mengirim alat kesehatan serta obat-obatan. Selain itu, FLM juga mengirim dua tenaga dokter sebagai Relawan Kesehatan untuk bersama-sama Dinas Kesehatan Lembata selaku Koordinator Tim Kesehatan bisa membatu situasi tanggap darurat pasca bencana di Lembata. Tim dokter dan barang-barang bantuan kemanusiaan sudah tiba di Kupang sejak Rabu, 16/12/2020),” kata nya.

Adapun, perjalanan yang cukup jauh dengan cuaca yang tidak menentu, membuat perjalanan diatur per etape. FLM mengirim pula seorang relawan lainnya, Alfredo da Silva untuk mengawal logistik bantuan kemanusiaan. Kamis, 17/12 , pagi dari Jakarta ke Kupang dan selanjutnya membawa logistik bantuan ini ke Larantuka dan/atau ke Lewoleba.

Kerjasama Asosiasi Pilot Garuda (APG)

Mobilisasi logistik bantuan kemanusiaan dari Jakarta ini sepenuhnya dibantu oleh Asosiasi Pilot Garuda (APG), menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA-448 dari Jakarta menuju Kupang.

“Kami terpanggil untuk terlibat dalam bantuan kemanusiaan di Lembata untuk mengurangi penderitaan Saudara-saudara disana”, demikian ucap Captain Isays Sampesule, perwakilan APG yang juga membawa pesawat GA-448 menuju Kupang, Rabu, 16/12/2020.

Dari Kupang akan diupayakan dengan Fery atau kapal Pelni ke Lewoleba atau ke Larantuka.

“Sejak kemarin, barang-barang sudah tiba di Kupang. Sesuai konfirmasi terakhir, mengingat cuaca yang tidak menentu di wilayah NTT, barang-barang akan diberangkatkan dengan Kapal Pelni ke Larantuka, selanjutnya akan dibawa ke Lembata,” jelas Alex Tifaona, Wakil Ketua Umum. ** (Domi/Timred).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *