Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Legislatif

DPD RI Optimis, Desa Wisata Bisa Membantu Perekonomian Warga

37
×

DPD RI Optimis, Desa Wisata Bisa Membantu Perekonomian Warga

Sebarkan artikel ini
Ketua DPD RI Lanyala Mataliti saat kunker (dok/Pemberitaan DPD RI)
banner 325x300

JAKARTA,RELASIPUBLIK.COM-Ketua DPD RI Lanyala Mataliti, menyatakan pihaknya optimis desa wisata bisa membantu perekonomian masyarakat Indonesia. Adapun, kata La Nyalla, bahwa sektor pariwisata masih bisa menciptakan banyak lapangan pekerjaan. Salah satunya dengan pengembangan konsep desa wisata bersama dinas oariwisata.

“Desa wisata bisa membantu perekonomian warga daerah, asalkan desa wisatanya terkonsep dengan baik. Dengan demikian sehingga dapat merangsang warga untuk berinovasi di pasar seperti ekonomi kreatif souvenir, sektor pertanian, perkebunan, homestay. Untuk mendukung berkontribusi terhadap kemajuan desa wisata, sehingga pada gilirannya bisa membuka banyak lapangan pekerjaan,” kata senator asal Jawa Timur itu dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta.

Ia juga yakin dengan konsep desa wisata akan menjadikan desa sebagai kekuatan ekonomi baru yang akan dapat meminimalisir eksodus warga desa ke kota.

“Konsep awal yang bisa diterapkan misalnya pengembangan desa wisata argo berupa petik buah. Dalam pengembangannya, konsep ini dapat bekerja sama dengan para petani buah atau dengan membentuk kelompok tani di beberapa lokasi,” jelas La Nyalla.

Dikatakan bahwa, konsep tersebut bisa menjadi win-win solusi bagi warga dan petani buah. Dengan menumbuhkan, komoditas buah yang sesuai dengan produk unggulan desanya, sehingga dapat memancing produksi yang lain seperti UKM untuk membuat makanan cemilan khas desa tersebut untuk dikonsumsi para wisatawan, bahkan wisatawan mancanegara.

“Yang untuk mengembangkan konsep ini harus ditunjang oleh perencanaan yang matang. Perencanaan yang melibatkan, Dinas Pariwisata di pemerintahan daerah dan disesuaikan dengan konsep daerahnya,kata mantan Ketua PSSI itu. ** (DL).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *