Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Legislatif

DPR Apresiasi Hasil Riset dan Inovasi Hasil Kerja Anak Negeri

32
×

DPR Apresiasi Hasil Riset dan Inovasi Hasil Kerja Anak Negeri

Sebarkan artikel ini
GeNose,alat kesehatan deteksi virus corona buatan UGM (Ilustrasi foto:Istimewa)
banner 325x300

JAKARTA,RELASIPUBLIK.COM-Dewan Perwakilan Rakyat RI mengapresiasi hasil Riset dan Inovasi hasil dibuat anak bangsa dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Adapun, temuan inovasi-inovasi ini harus dikedepankan agar mampu membawa Indonesia menuju kemandirian dalam menangani pandemi. Hal itu disampaikan oleh Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto .

“Saya memberi apresiasi pada temuan-temuan yang memang harus kita kedepankan terutama penelitian dalam negeri untuk menuju kemandirian,” kata Edy dalam rapat kerja dengan Menteri Kesehatan RI, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Direktur Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman dan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu (3/1/2021).

Lanjutnya, bahwa terkait temuan teknologi inovasi tracking Covid-19 buatan UGM, GeNose. Menurutnya, produksi GeNose sebagai alat tracing Covid-19 ini harus dipercepat agar dapat segera menjangkau masyarakat.

“Apa yang ada sekarang seperti GeNose ini, mari kita gunakan secara lebih luas, lalu produksinya per minggu seribu, kalau bisa dipercepat (untuk) ditambah,” ujar politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu.

Ia menjelaskan, penggunaan Plasma Konvalesen yang menjadi salah satu metode penyembuhan Covid-19 . Edy mengatakan meskipun uji klinis Plasma Konvalesen masih berjalan, Kementerian Kesehatan harus memiliki strategi untuk mempercepat uji klinis dari Plasma Konvalesen.

Edy Wuryanto (Dok/Istimewa)

“Ya tentu (uji klinis Plasma Konvalesen) semuanya on going proses ya. (Penanganan) Covid ini semua riset berjalan bersamaan dengan penggunaan di klinik. Maka menurut saya Kemenkes harus memiliki strategi untuk percepatan (uji klinis) Plasma Konvalesen ini,” kata anggota dewan asal dapil Jawa Tengah III tersebut.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI Adang Sudrajat juga mengapresiasi inovasi-inovasi anak bangsa dalam penanggulangan Covid-19. Menurut politisi PKS ini, inovasi yang dibuat oleh anak bangsa ini nantinya bisa menjadi inovasi yang berkembang, bahkan dapat diterapkan tidak hanya untuk penanggulangan Covid-19.

“Saya mengapresiasi dengan sangat, bahwa banyak hasil-hasil dari anak negeri ini yang bisa dikembangkan lebih lanjut,” ujarnya berharap. ** (Arief).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *